Rabu, 25 Desember 2013

HUTAN EDUKASI- BOTM HMB 2013 ft. DIMAS BEM FSM

Semarang (30/11) – Setelah berhasil mengadakan kegiatan Seminar Nasional Biologi dan UBC (Undip Biology Competition) yang merupakan serangkaian acara BOTM 2013, kali ini BOTM bekerja sama dengan DIMAS BEM Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UNDIP 2013 dalam melaksanakan kegiatan HUTAN EDUKASI, bertempat di wilayah Jangli (tanah lapang di wilayah belakang kampus FEB UNDIP) dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB, yang akan menjadi proyek besar UNDIP sebagai gerakan penghijauan terhadap lingkungan. Sekilas info tentang hutan edukasi, hutan edukasi merupakan proyek besar UNDIP yang digalakkan oleh segenap dosen untuk ‘menghijaukan’ lingkungan sekitar kampus dengan menanam bibit pohon dan memberikan edukasi mengenai pentingnya pohon dan hutan kepada generasi penerus bangsa. Acara ini dihadiri oleh teman-teman yang duduk dibangku SD (sekolah dasar), dimana mereka ikut berpartisipasi penuh dalam kegiatan menanam pohon sekaligus mendapatkan edukasi mengenai kegiatan ini.

Acara ini berlangsung secara informal, dimana panitia dan peserta dapat berbaur dan berinterkasi dengan cepat dan baik. Berawal dari sambutan oleh ketua panitia, Siu Saratu L, ketua HMB 2013, Indra Prawira, wakil ketua BEM FSM 2013, Khanang P, dan ketua DIMAS BEM FSM 2013, kemudian sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Bpk. Dr. Jafron Wasiq H., M.Sc, selaku dosen biologi yang merupakan promotor kegiatan. Kegiatan dilanjutkan dengan menanam pohon yang dilaksanakan oleh peserta dan didampingi oleh panitia. Setelah penanaman pohon selesai, seluruh kegiatan dilanjutkan di lingkungan kampus FSM, yaitu kegiatan melukis dengan media cat poster yang dilaksanakan oleh peserta dengan tema lingkungan. Setelah kegiatan melukis usai, dilaksanakan ishoma dan langsung dilanjutkan dengan pengumuman pemenang atas lukisan terbaik peserta.

Antusiasme dan keceriaan nampak jelas dari raut wajah peserta (teman-teman SD) dan panitia saat kegiatan berlangsung. Sebelum menanam bibit pohon, peserta diberikan edukasi mengenai pentingnya pohon dan hutan untuk masa depan. Salah satu bibit pohon yang ditanam adalah bibit pohon trembesi, dimana pohon trembesi merupakan tanaman pelindung yang baik, yang dapat mengurangi pencemaran udara dan melindungi alam dari ancaman pemanasan global. Selain itu pohon ini tidak hanya menyerap karbondioksida, melainkan juga menyuplai oksigen melalui stomata daunnya dan memberikan kesejukan serta perlindungan dari sengatan cahaya matahari yang akhir-akhir ini sangat terik di siang hari. Peserta juga diberikan kegiatan melukis dengan cat poster yang bertemakan lingkungan agar peserta sebagai generasi penerus bangsa dapat mengingat serta tetap melestarikan alam di lingkungan sekitarnya dengan baik dan benar, berlandaskan pengetahuan dan wawasan luas mengenai lingkungan. “...pohon dan hutan merupakan paru-paru dunia”, penggalan kalimat dari Nasuha (salah satu peserta), membuktikan bahwa generasi penerus juga sudah mengerti betapa pentingnya pohon di lingkungan yang saat ini justru banyak dilakukan penebangan pohon demi kegiatan pembangunan seperti gedung, taman rekreasi, dan lain sebagainya.

Hutan Edukasi ini diharapkan dapat menjadi kegiatan pelestarian alam terutama penghijauan  terhadap lingkungan sekitar agar tetap terjaga dengan baik sekaligus memberi edukasi mengenai lingkungan sekitar kita yang penting untuk keberlangsungan hidup dalam jangka waktu yang panjang. Pohon tersebut diharapkan dapat membantu keberlangsungan hidup seluruh makhluk hidup di dunia, terutama manusia.

Hutan Edukasi, “A Little Move For The World, Kontribusi Untuk Masa Depan!”

BIOLOGI, JAYA...!!
FSM, JAYA...!!
UNDIP, JAYA...!!!


Artikel oleh: Ni Putu Tasya Savitri

Senin, 14 Oktober 2013

DIALOG AKADEMIS


Selasa,  8 Oktober 2013, Departemen Kesma baru saja mengadakan Dialog Akademis antara birokrasi jurusan dengan mahasiswa Biologi. Dialog Akademis ini merupakan satu-satunya acara besar anak kesma, biasanya kesma bergerak di belakang layar membantu advokasi dan kesejahteraan mahasiswa lainnya. Dialog akademis adalah suatu acara yang diadakan khusus untuk menampung aspirasi dari mahasiswa Biologi, membahas fasilitas-fasilitas jurusan dan permasalahan yang sering dirasakan mahasiswa Biologi dalam kegiatan perkuliahan maupun praktikum serta salah satu bentuk keterbukaan birokrasi terhadap mahasiswa Biologi. Dialog akademik merupakan salah satu usaha dalam memajukan biologi bersama-sama dari dua arah, yakni mahasiswa dan birokrasi.
Acara Dialog Akademis ini berlangsung dengan baik dan lancar. Awalnya, hanya beberapa mahasiswa yang memberanikan diri untuk bertanya, namun ketika mulai terbuka semakin banyak mahasiswa yang antusias untuk bertanya, memberikan saran, bahkan kritikan yang membangun. Banyak hal-hal yang dibahas dalam Dialog Akademis ini, diantaranya seperti masalah fasilitas laboratorium yang minim sekali, alat-alat yang terbatas, bahan praktikum yang terbatas juga sehingga terkadang mahasiswa harus mencari sendiri bahan praktikum yang digunakan. Ada juga mahasiswa yang menanyakan tentang ketidakseimbangan antara pembagian kelas dan penambahan jumlah peserta didik yang semakin tahun semakin banyak. Tidak hanya kritik yang disampaikan, ada beberapa masukan dan saran yang membangun guna kemajuan jurusan Biologi Undip sendiri. Semua hal-hal ini dibahas tuntas secara transparan antara birokrasi dan mahasiswa. Tidak ada hal-hal yang ditutup-tutupi, tidak ada hal yang disembunyikan, semua hal yang dilontarkan kedua pihak murni untuk kemajuan jurusan kita sendiri.
Acara selesai sekitar pukul 15.00 WIB. Walaupun acara yang dilakukan sangat singkat dan mungkin belum menampung semua aspirasi mahasiswa. Harapannya setelah diadakan Dialog Akademis ini, jurusan Biologi kita semakin maju, masalah-masalah yang ada segera terselesaikan, saran-saran yang membangun semoga segera terealisasikan dan semakin naiknya tingkat kesejahteraan mahasiswa Biologi. Semoga Biologi semakin Berjaya. Biologi…..JAYA!
Artikel Oleh: Endah Dwi Jayanti

Editor: Elin Safitri Aviani

Selasa, 08 Oktober 2013

Undip Biology Competition (UBC)

ada yang baru loh dari acara HMB sebelumnya, yuk simak ulasan info tentang UBC
859781_10200689962159163_1075934880_o
Undip Biology Competition adalah suatu kegiatan bagian dari BOTM ( Biology On The Move ) persembahan dari Jurusan Biologi Universitas Diponegoro untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Pada tahun 2013 ini, Undip Biology Competition mengadakan kegiatan yang berbentuk Olimpiade Biologi SMP/MTs dan SMA/MA se-Kota Semarang, yang merebutkan piala Rektor Undip. Kegiatan dilanjutkan dengan workshop dan diikuti oleh peserta olimpiade yang bertemakan “ Biologi sebagai Teknologi Masa Depan “ dengan menghadirkan pembicara yang berkompeten dibidangnya. Diharapkan setelah kegiatan olimpiade dan workshop ini, akan muncul bibit – bibit baru scientist muda Indonesia.
JADWAL
1. Pendaftaran Lomba
Tanggal : 01 – 28 Oktober 2013
Waktu : pukul 08.00 – 15.00 WIB
Tempat : Sekretariat Himpunan Mahasiswa Biologi Kampus FSM Undip
tembalang
2. Pelaksanaan Lomba dan Workshop Biologi
Hari, tanggal : Sabtu, 2 November 2013
Waktu : pukul 07.15 – 13.30
Tempat : Kampus Fakultas Sains dan Matematika Undip Tembalang
3. Jadwal Kegiatan
07.15 - 07.45 : Registrasi peserta
07.45 – 08.00 : Pembukaan acara
08.00 – 10.00 : Peserta mulai mengerjakan soal
10.00 – 10.15 : Coffe break
10.15 – 10.30 : Hiburan akustik
10.30 – 11.30 : Workshop dengan tema “ Biologi sebagai Teknologi Masa Depan “
( Materi 1 )
11.30 – 12.15 : ISHOMA
12.15 – 13.00 : Materi 2 “ Sharing alumni mahasiswa berprestasi “
13.00 - 13.20 : Pengumuman pemenang
13.20 – 13.30 : Penutupan
KETENTUAN PESERTA
1. Peserta Undip Biology Competition (UBC) adalah siswa-siswi SMP/MTs dan SMA/MA/Sederajat se-kota Semarang yang masih tercatat aktif sebagai siswa-siswi pada sekolah yang bersangkutan.
2. Peserta Undip Biology Competition (UBC) merupakan peserta perorangan (individu).
3. Peserta tiap sekolah tidak dibatasi.
4. Pendaftaran dibatasi sampai 70 orang tiap jenjang.
5. Biaya pendaftaran lomba adalah Rp 50.000/orang. Jika mendaftar langsung 5 orang untuk satu sekolah yang sama, tiap peserta mendapat diskon Rp10.000,00.
6. Transportasi ditanggung peserta.
7. Peserta diperkenankan didampingi maksimal dua orang Pembina tiap sekolah.
8. Peserta diharapkan hadir satu jam sebelum lomba dimulai untuk melakukan registrasi ulang.
MEKANISME PENDAFTARAN
Pendaftaran dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung maupun secara online.
1. Mekanisme Pendaftaran Langsung
Siswa SMP/MTs dan SMA/MA/Sederajat datang langsung ke meja pendaftaran di sekretariat Himpunan Mahasiswa Biologi (Gedung E101 Kampus FSM Undip Tembalang) pada tanggal 01 – 28 Oktober 2013 pukul 08.00 – 15.00WIB untuk mengisi formulir pendaftaran dengan menyertakan :
a) pas foto 3x4 (1 lbr.)
b) foto copy kartu pelajar (1 lbr.)
dan melakukan pembayaran sebesar Rp 50.000,00 .
2. Mekanisme Pendaftaran Online
a) Melakukan pendaftaran sebesar Rp. 50.000,00 melalui transfer via bank BNI, No rekening : 0227428337 a.n SEKAR AYOE YOGYASWARI
b) Menyiapkan berkas pendaftaran berupa :
~ Softfile hasil scan bukti pembayaran
~ Softfile hasil scan Kartu pelajar
~ Softfile foto 3x4 berwarna
c) Siswa calon peserta mendownload formulir pendaftaran online di http://www.mediafire.com/download/7532v8avlrdeu4g/formulir_pendaftaran_UBC.docx
d) Formulir diisi secara lengkap lalu dikirimkan beserta berkas pendaftaran melalui email ke undipbiocompetition@gmail.com.
e) Lakukan konfirmasi melalui sms dengan format : Nama [spasi] Nama Sekolah. Contoh: Krisna SMPN 1 Semarang kirim ke 08997217997 ( Siti ).
PELAKSANAAN LOMBA
1) Undip Biology Competition (UBC) dilaksanakan dalam bentuk lomba perorangan (individu), tes berupa kemampuan tertulis Biologi, akan diambil juara 1, 2, 3, juara harapan 1, 2, dan 3 dari masing-masing jenjang.
2) Soal berjumlah 100 pilihan ganda dan 2 soal analisis, dikerjakan dalam waktu 120 menit. Materi Lomba :
Struktur, Anatomi, dan Fisiologi Hewan (25%)
Struktur, Anatomi, dan Fisiologi Tumbuhan (15%)
Biologi Sel (molekuler, mikrobiologi, bioteknologi) (20%)
Genetika dan Evolusi (20%)
Ekologi (10%)
Etology (5%)
Biosistematik (5%)
3) Fasilias untuk peserta yaitu : snack, makan, minum, sertifikat, souvenir, dan pengalaman berharga.
HADIAH DAN PENGHARGAAN
Juara I : piala Rektor Undip, piagam, voucher dari GO, uang tunai Rp. 1.000.000,-
Juara II : piala Rektor Undip, piagam, voucher dari GO, uang tunai Rp. 750.000,-
Juara III : piala Rektor Undip, piagam, voucher dari GO, uang tunai Rp. 500.000,-
Juara harapan I : Bingkisan, uang pembinaan, sertifikat
Juara harapan II : Bingkisan, uang pembinaan, sertifikat
Juara harapan III : Bingkisan, uang pembinaan, sertifikat
Peserta lainnya akan diberikan piagam penghargaan dan souvenir. Hadiah akan diserahkan pada Workshop Biologi yang diadakan setelah olimpiade berlangsung yaitu pada tanggal 2 November 2013 pukul 10.30 – 13.30 WIB.
Contact Person : 083838535153 ( Fitra Adi )
08997217997 ( Siti )
FB : Undip Biology Competition
Twitter : @undipbc

C2B2 ( Cerdas Cermat Bersama Biologi )

Halo keluarga Biologi !
Departemen Pendidikan dan Olahraga HMB 2013 mempersembahkan acara C2B2 atau Cerdas Cermat Bersama Biologi. Acara yang diketuai Bimo Ghifari ini memiliki konsep seperti “Ranking 1” tapi soalnya dibikin beda, pokoknya anak biologi banget. Tujuannya supaya kita bisa belajar dengan cara yang menyenangkan sekaligus mengakrabkan keluarga biologi melalui kompetisi yang sportif.
Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu, 22 September 2013 di Lapangan parkir FSM Universitas Diponegoro. Pukul 08.00 pagi peserta mulai melakukan registrasi. Peserta berjumlah 60 orang yang terdiri dari delegasi setiap angkatan, dimulai dari angkatan 2010 hingga 2013. Masih dengan udara pagi yang segar, acara ini dibuka dengan sedikit kejutan yaitu peregangan bersama yang disambut tawa oleh para peserta maupun penonton. Selanjutnya acara memasuki babak – babak diantaranya babak seleksi, babak ulangan harian, babak pretest, babak praktikum, dan babak ujian akhir semester. Ada juga hiburan dari Biotik atau Biologi Akustik dengan lagu – lagunya yang asik. Satu per satu peserta mulai berguguran hingga akhirnya diperoleh pemenangnya yaitu Muhammad Nastain dari angkatan 2013. Pintar !
 c2b2
Acara berlangsung meriah dengan antusiasme penonton sampai acara selesai, terlebih lagi saat sang juara yaitu Nastain memasuki babak bonus ditemani oleh temannya Vincent yang juga dari angkatan 2013, hingga akhirnya memenangkan total hadiah sebesar Rp. 50.000  dan sebuah piala. Tidak hanya pemenang, peserta lain dan penonton juga mendapatkan penghargaan yang tidak kalah seru dan menghibur. Acara ditutup pada pukul 11.00 dan ditandai dengan foto bersama seluruh keluarga biologi termasuk panitia. Harapannya acara ini dapat menambah wawasan, meningkatkan rasa kompetitif, dan menjalin kekeluargaan keluarga Biologi Undip.
c2b2.
Biologi Jaya !!!
Artikel oleh : Amelia Setya


Senin, 23 September 2013

SEMINAR NASIONAL BIOLOGI “PERAN BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS YANG MENUNJANG KETAHANAN PANGAN”

Hallo warga Biologi, lama tidak berjumpa.. Apa kabarnya nih? Keliatannya tambah semangat ya di semester baru ini.. Ada acara yang baru loh dari jurusan kita tercinta ini, penasaran acara apa itu? yuk, simak artikel ini.
Tanggal 14 September 2013 kemarin telah diselenggarakan Seminar Nasional Biologi. Ini adalah hasil dari kerjasama dari warga Biologi, mulai dari dosen, mahasiswa S2,dan mahasiswa S1. Seminar ini diadakan di LP2MP, Widya Puraya, Universitas Diponegoro. Acara dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Seminar nasional ini mengangkat tema “Peran Biologi dalam Meningkatkan Produktivitas yang Menunjang Ketahanan Pangan”. Seminar nasional ini adalah sebagai salah satu wujud upaya untuk membangun kesadaran berwawasan lingkungan kepada masyarakat yang menunjang peningkatan produktivitas pangan nasional.
Acara berlangsung sangat kondusif dengan keynote speaker yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Beliau adalah Prof. Wasmen Manalu, PhD (Guru Besar Institut Pertanian Bogor), dengan materi “Peran Biologi dalam Meningkatkan Produktivitas yang Menunjang Ketahanan Pangan”, Dr. Enny Yusuf Wachidah Yuniwarti, MP (Peneliti dan Dosen Jurusan Biologi FSM Universitas Diponegoro) mengenai “Potensi Virgin Coconut Oil dalam Peningkatan Imunitas Aves terhadap Inveksi Virus Avian Influensa”, dan Masna Mayasinta S.Si (Indonesian Biotechnology Research Institute for Estate Crops, Bogor, Indonesia) mengenai “Bioteknologi Tanaman Perkebunan: Kultur Jaringan Beberapa Tanaman Perkebunan Potensial”. Para hadirin terlihat antusias dalam menerima materi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi diskusi. Selain ada materi utama dari para keynot speaker, para hadirin juga mengikuti sesi presentasi oral yang disampaikan oleh para pemakalah yang dibagi menjadi 4 bidang. Bidang tersebut adalah Optimasi produk tumbuhan yang menunjang ketahanan pangan, Optimasi produk hewan yang menunjang ketahanan pangan, Biodiversitas yang menunjang ketahanan pangan, dan Lingkungan dan konservasi yang menunjang ketahanan pangan.
Acara ini dapat dikatakan sukses. Buktinya saja jumlah peserta seminar ini sebanyak 225 orang dimana telah melampaui kuota yang ditentukan sebelumnya. Peserta seminar yang hadir berasal dari dosen, peneliti, mahasiswa, unsur swasta, guru-guru, penggiat lingkungan, dan stakeholders lainnya yang bergerak di bidang penelitian pemanfaatan dan konservasi sumber daya hayati.  Harapannya acara ini dapat menjadi sebuah inspirasi dan cikal bakal majunya ketahanan pangan di Indonesia. Semoga Seminar Nasional Biologi ini akan terus berlangsung di tahun-tahun berikutnya.
Nah, menarik bukan acaranya? Dijamin nyesel nih yang kemarin ngga ikutan…
BIOLOGI…..JAYA !!!!!!!!!!
Sampai jumpa di lain kesempatan
Artikel oleh: Dyah Palupi
Editor: Elin Safitri Aviani

Jumat, 06 September 2013

VIDEO BOTM 2013

http://www.youtube.com/watch?v=Rj_lcKQ1MGc&feature=youtu.be&a

video berisi deskripsi singkat tentang kegiatan beserta tanggal BOTM 2013

Jumat, 21 Juni 2013

SEC (Short Enterpreneur Course)

HMB 2013, di bawah naungan Departemen Ekonomi hadir lagi dengan program baru yang cetar membahana, yaitu SEC (Short Enterpreneur Course). apa sih SEC itu? SEC adalah suatu program yang mana program ini memfasilitasi mahasiswa biologi UNDIP untuk mengekspresikan idenya dan memberanikan diri untuk memulai usaha walaupun dalam skala kecil. Tema acara SEC adalah “Young Saintist, Young Enterpreneur”, tema ini diusung dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak-anak biologi sebagai saintist muda bangsa dan menambah wawasan mengenai pembuatan proposal pengajuan.


Kamis, 13 Juni 2013

SEC

Departemen Ekonomi HMB PROUDLY PRESENT :

- "OPENING STAND SEC" = 14 JUNI 2013 @FSM
- "SEMINAR SEC" = 15 JUNI 2013
dengan pembicara :
Drs. Edy Darmoyo (master trainer, motivator, coach and directure TPC corporation)
Tri Wahyudi (motivator & entrepeneur muda)
SIMULATOR : Hassanudin Hady (owner freshasan)
dan akan ada penampilan dari PEMENANG SEC

Sabtu, 08 Juni 2013

STUBAND TO UNY

Salah satu program kerja HMB 2013 adalah STUDI BANDING. Pada periode 2013 ini diputuskan untuk mengunjungi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Proker ynag satu ini diketuai oleh Tony Abdillah Gumilar. STUBAND kali ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 1 juni 2013. Selain pengurus HMB 2013, STUBAND ini dihadiri juga oleh perwakilan dari biro-biro yang ada di biologi. Apa saja yang dibahas dalam STUBAN ini? Ya, dalam STUBAN ini nantinya akan membahas masing-masing proker dari HMB UNDIP dan HIMABIO UNY (sebutan dari himpunan mahasiswa biologi UNY).

Rabu, 05 Juni 2013

puisi Tentang Kita dan Biologi



Tentang Kita dan Biologi

Kerdip lilin di malam gelap
Kilauan rembulan di batas malam
Terpancarlah berkas-berkas cahaya penuh harapan
Dan itulah dunia kita kawan..BIOLOGI

Alam menyajikan beritanya
Insan menguak kekayaan
Di depan mata melimpah keragaman
Flora fauna melambai indah
Isyarat mereka butuh kita

Biodiversitas akan selalu ada dari hulu hingga hilir
Layaknya vitamin larut dalam lemak maupun air
Plasmolisis atau plasmotisa
Semua menimpa raga

BIOLOGI… adalah vaksin ketika dunia ini lumpuh tak kuasa berdiri
Usapannya dinanti ketika bumi meraung kesakitan
Karena ulah manusia jalang
BIOLOGI datang dengan pancaran lentera untuk menerangi alam
Meretas segala kegelapan
Meskipun ribuan tantangan silih datang menerjang
Marilah kukuh mengayuh demi masa depan
Kobarkan semangat membara dalam dada
Demi BIOLOGI tercinta

oleh: Dyah Palupi

BIOLOGY’S PUBLISH JOURNAL

Hai sahabat-sahabat tercinta dan tersayang :D hehehe…Apa kabarnya nih? Pasti lagi sibuk sama laporan yah? Nah, kalau bicara tentang laporan pasti nyangkut sama journal deh. Kita sebagai seorang scientist tentu harus tau dong apa itu journal.

Kamis, 23 Mei 2013

SOSIALITA



Halo kawan...tahu gak kalo kemarin kita pengurus HMB 2013 ada acara apa? HMB 2013, habis ngadain Upgrading 3 bulan pertama dengan konsep makrab yang bernama SOSIALITA. Hmmm apasih konsep acara Sosialita ini? Jadi di Sosialita ini kita meningkatkan soft skill leadership dan profesionalitas kerja melalui outbond dan sharing antar pengurus PH maupun Departemen. Sosialita sukses diadakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 18-19 Mei 2013 di Barak TNI Bantir, Sumowono. Terus apa aja sih kegiatan Sosialita kemarin? Ya yang pertama nih kita berangkat dari FSM sekitar pukul 14.00 dan sampai di tempat acara sekitar pukul 16.00. Sesampainya di sana kita disambut dengan udara segar pegunungan dan air yang sedingin es. Kita istirahat dan acara pertama kita adalah pensi atau penta seni dari para pengurus HMB 2013. Jangan ditanya kreativitas pengurus HMB 2013 ini, mereka mampu menampilkan pensi yang sangat menghibur hanya dengan berlatih 2 jam sebelum tampil lho, sukses bikin kita sebarak geger. Nah habis pensi ini, lanjut ke salah satu acara utama kita yaitu sharing PH dan Departemen. Di sini kita keluarin unek-unek, kritik, dan saran buat kemajuan HMB yang lebih baik lagi. Acara sharing ini berlangsung khidmat dengan hanya diterangi lilin-lilin. Setelah sharing kita istirahat untuk persiapan outbond keesokan harinya.
Keesokannya sekitar jam 3 pagi kita dibangunin buat renungan. Suasana lebih khidmat daripada sharing dan berhasil bikin pengurus sadar akan kekurangannya selama 3 bulan pertama ini. Ya lanjut ke pagi harinya sekitar jam 08.00 ada kegiatan outbond seru. Outbond dimulai dengan perkenalan instruktur dari OASE dan pemanasan. Kemudian ada permainan lempar bola dan lempar gelas. Wah kalau yang lempar gelas ini kita dituntut bener-bener percaya pada rekan, fokus dan konsentrasi. Kemudian ada main tembak lawan. Kocak nih soalnya banyak yang salah nyebutin kelompok, salah perintahlah banyak yang gugur, dan kelompok yang bertahan adalah kelompok 5 yang manusia-manusianya adalah hadi 2012, bimo 2012, yudhi 2012, fitria 2011, shifa 2011. Lanjut ke lomba balap. Ini lebih seru lagi, jadi nih kita diwajibkan memakai seragam unik, mau balap tapi pake sarung, pake pelampung pake dasi dan banyak lagi. Kita harus mengambil gelas yang ada di seberang. pembalapnya ada 5 orang yang akan ganti-ganti baju dibantu temennya yang ada di pit. Kemudian ada outbond lain. Disini kita dibagi 2 kelompok. Kelompok pertama akan bermain ranjau dan kelompok kedua akan bermain oper bola dengan kaki. Kedua outbond ini benar-benar melatih kesabaran, kekompakan, percaya kepada teman dan saling membantu. Kemudian outbond penentu buat the big mission adalah voli pantai. Apa nih voli pantai? Kita kan di gunung mana ada pantai? Ternyata voli pantai ini voli dengan menggunakan kain buat serve dan passingnya serta menggunakan balon berisi air sebagai bolanya. Banyak yang basah nih pas voli pantai.
Pemenang dari semua season game ini mendapatkan kehormatan buat the big mission. Misi yang harus mereka selesaikan adalah membawa lilin dalam keadaan menyala untuk menyalakan keempat lilin di seberang lapangan. Tapi ini gak gampang, karena mereka harus melewati hujan lemparan plastik berisi air. Setelah berkali-kali  mereka berusaha, akhirnya lilin tetap menyala sampai tujuan dan dapat menyalakan lilin-lilin yang lain. Sesi ini pun mengakhiri acara outbond dan acara sosialita kali ini.
Dari keseluruhan acara sosialita kali ini kita dapat merasakan apa itu arti kerjasama, kesuksesan, kekeluargaan, kemandirian, kepercayaan. Harapannya, semoga acara sosialita ini membuat anggota pengurus hmb lebih semangat dan berkontribusi lebih untuk memajukan HMB UNDIP yang lebih baik lagi.
HMB 2013, KITA BISA!
BIOLOGI JAYA!!

artikel oleh: Endah Dwi Jayanti dan Waheni Rizki A.
editor: Elin Safitri Aviani


SEC (SHORT ENTERPREAUNER COURSE)

SEC ini merupakan ajang untuk menggali jiwa-jiwa enterpreuner warga biologi. Peserta SEC terbagi menjadi dua:
  1. peserta lomba (satu kelompok terdiri atas 3 orang). peserta lomba ini wajib mengumpulkan proposal.
  2. peserta non-lomba
Format proposal: latar belakang dan cara kerja.
Pendaftaran akhir dan pembekalan pembuatan proposal pada tanggal 29 Mei 2013.
15 Juni 2013: Acara puncak yang terdiri atas seminar materi, presentasi pemenang lomba dan simulasi.
Batas pengumpulan proposal tanggal 8 Juni 2013:
  • angkatan 2010 pengumpulan ke Sekar Ayoe
  • angkatan 2011 pengumpulan ke Psn Masruri
  • angakatan 2012 pengumpulan ke Rizki Amaliah
Gambaran acara:
  • akhir pendaftaran 29 Mei 2013
  • pembekalan 29 Mei 2013
  • pengumpulan proposal 8 Juni 2013
  • acara puncak 15 Juni 2013
3 besar pemenang akan mendapatkna hadiah ratusan ribu rupiah dan mendapat dana untuk perealisasian produknya.
  • juara 1: piala, sertifikat, uang 750.000 rupiah
  • juara 2: sertifikat, uang 5000.000 rupiah
  • juara 3: sertifikat, uang 250.000 rupiah

Jumat, 26 April 2013

wisudawan dan wisudawati biologi periode 2013, yudisium ke-130 undip
























selamat kepada kakak kakak biologi yang telah menjadi wisudawan dan wisudawati periode 2013, yudisium ke-130 UNDIP. semoga kelak menjadi lulusan yang berguna bagi bangsa ini serta dapat mengharumkan nama biologi UNDIP di lingkup global.

Minggu, 21 April 2013

Visitasi HMB ke HM S1 Peternakan

Minggu, 14 April 2013


PELATIHAN KEHUMASAN HIMPUNAN MAHASISWA BIOLOGI
Departemen Humas Himpunan Mahasiswa Biologi telah sukses mengadakan acara Pelatihan Kehumasan dengan mengusung tema bersama menjadi komunikatif yang diadakan di ruang A103 Fakultas Sains dan Matematika,Sabtu (13/4/2013).
Pelatihan yang diikuti tidak kurang dari 84 peserta tersebut telah berjalan lancar.  Acara tersebut diisi dengan tiga materi diantaranya adalah Kehumasan oleh mas Ipung Purwanto S.OS ,materi kedua adalah Public Speaking oleh mas Muhamy Akbar Iedani dan pembicara ketiga adalah pelatihan web yang dilakukan oleh UKM Manunggal dengan speaker Nur Ainina Razan.
Pelatihan ini diharapkan menjadi pintu gerbang bagi teman –teman untuk lebih mengasah soft skill terutama dalam bidang kehumasan. Karena kedepannya humas sangat penting, terutama bila telah merambah dunia kerja . Kehumasan sendiri bukan hanya seputar pelobian dan berbicara di depan umum  namun ke humasan dapat digambarkan sebagai kegiatan yang dapat terjadi secara keseharian . Dimulai dengan adanya aktivitas kuliah yang menuntut kita untuk berani berbicara didepan pada saat presentasi ,sadar atau tak sadar hal itu melatih kita berani untuk berbicara di depan .
Dari acara tersebut juga memberikan tips bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada waktu kita akan berbicara di depan umum ,mulai cara mengatasi kegugupan ,masalah perut yang tiba-tiba menjadi sakit hingga rasa ingin ke kamar mandi secara tiba-tiba. Materi yang terakhir adalah pengelolaan web,saat ini oleh kecanggihan zaman kita dituntut menjadi orang yang tidak ketinggalan terhadap perkembangan IPTEK ,oleh karena itu pelatihan web sangat bermanfaat terutama dapat dijadikan sebuah bekal untuk kedepannya.


Jumat, 29 Maret 2013

info lomba

Teman-teman ada info lomba nih..

KOMPETISI INTERNASIONAL "DIALOG MUDA"

Kamu bisa buat Karya narasi bentuk bebas!!!
Bisa cerpen, lagu, puisi, prosa, video, naskah operet, sandiwara teater, esai, komik, dll.
Dengan bertemakan HIV/AIDS dan Seksualitas
Info lebih lanjut di sini
http://pamflet-info.tumblr.com/post/46242771147/download-teaser-faq-disini


Ayo tunjukkan aksimu :-)


Foto: Teman2 ada info lomba nie...
KOMPETISI INTERNASIONAL "DIALOG MUDA"

Kamu bisa buat Karya narasi bentuk bebas!!!
Bisa cerpen, lagu, puisi, prosa, video, naskah operet, sandiwara teater, esai, komik, dll. 
Dengan bertemakan HIV/AIDS dan Seksualitas
Info lebih lanjut di sini
http://pamflet-info.tumblr.com/post/46242771147/download-teaser-faq-disini

Ayo tunjukkan aksimu :-)

info beasiswa djarum 2013

SIAP SIAP BEASISWA DJARUM 2013!!!
Ini nih syarat-syaratnya:
Persyaratan untuk menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus Tahun 2013/2014

UMUM :
Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1) pada semester IV dari semua disiplin ilmu.
IPK minimum 3.00 pada semester III.
Dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV.
Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar Kampus.
Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain

ADMINISTRASI :
Mengisi Form Pendaftaran secara online di website ini
Fotocopy Kartu Hasil Studi semester III.
Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi/surat keterangan aktif berorganisasi.
Surat keterangan dari Kampus tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm berwarna memakai jas almamater.

PENDAFTARAN : 7 April - 31 Mei 2013

TES SELEKSI : 1 Juni - 20 Agustus 2013
Tes Potensi Akademik (TPA) dan Wawancara.

VERIFIKASI : 21 Agustus - 30 Agustus 2013
Memastikan kandidat yang lolos tes seleksi dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 pada akhir semester IV.

PENGUMUMAN : 31 Agustus 2013
Dapat dilihat di website ini dan juga tersedia di Bagian Kemahasiswaan Kampus.

MASA AKTIF : 1 September 2013 - 31 Agustus 2014

More info: http://djarumbeasiswaplus.org/beswandjarum/12/3/

info lowongan kerja

Foto: #Info Lowongan Kerja#
PT. Bank International Indonesia, Tbk 
Dalam rangka pengembangan jaringan cabang di jawa tengah dan DIY PT. Bank International Indonesia, Tbk membuka kesempatan bergabung menjadi :

* PERSONAL BANKER OFFICER
* FINANCIAL EXECUTIVE OFFICER

Untuk ditempatkan di :

semarang, solo, salatiga, yogyakarta, purwokerto, magelang, tegal, kudus dan pekalongan.



#Info Lowongan Kerja#
PT. Bank International Indonesia, Tbk 
Dalam rangka pengembangan jaringan cabang di jawa tengah dan DIY PT. Bank International Indonesia, Tbk membuka kesempatan bergabung menjadi :

* PERSONAL BANKER OFFICER
* FINANCIAL EXECUTIVE OFFICER

Untuk ditempatkan di :

semarang, solo, salatiga, yogyakarta, purwokerto, magelang, tegal, kudus dan pekalongan.